Tuesday, September 13, 2016

first write



Hii readers, It was my first time to be a blogger. so, I don't know what should I write. Below was one of my news that I had written. have fun.

Siswi Suksma Sabet Juara 1 Lomba Photograpy Se-Bali
                Senin, (25/01) siswi SMA N 1 Sukawati dengan nama Ida Ayu Purnawati Kania berhasil sabet juara 1 Photography tingkat Provinsi. Photography Competition ini mengusung tema kesenjangan sosial, dan diikuti oleh 57 peserta. Demi dapatkan jepretan yang memuaskan, siswi yang akrab disapa Kania Angelo ini rela datang ke pasar sampai menemui preman karangasem.
                “Aku mengambil lokasi pemotretan di Pasar Kumba Sari Badung, disana ada seorang anak yang sedang nyuun (angkat) keranjang bersama adiknya yang menangis diasuh kakaknya, padahal umur segitu seharusnya sekolah, Kasihan lihatnya” ujar Kania. Moment itu diabadikan menjadi sebuah foto dan dikirim dalam perlombaan photography di STD Bali & New Media. Terdapat beberapa ketentuan di bagian edit hanya diperbolehkan crop, pengaturan gelap terang, dan tidak boleh menggabungkan 2 foto sekaligus, apalagi memanipulasi foto. Juri yang menilai bernama Ramanda Surya Dinata., S.Sn., M.Sn. Kania memberi judul pada hasil karyanya yaitu Tempat Bermainku. “Iya, aku kasih nama itu. Mereka memang gak bermain disana, tapi setiap sore mereka kepasar, nggak seperti anak lainnya yang tiap sore main dan punya gadget”.  Alhasil foto yang penuh makna itu membawa Ida Ayu Purnawati Kania menjadi juara 1 Photography tingkat Provinsi Bali. bersaing dengan SMA dan SMK lainnya. selain penghargaan berupa piagam, juga mendapatkan uang sejumlah RP. 1.500.000,00. Dalam pemotretan di pasar, iya sempat mengambil foto anak yang juga tidak bersekolah, berusia 7 tahun sedang merokok. Anak itu mengaku sebagai preman karangasem, meski sempat deg-degan apalagi Kania seorang perempuan yang harus menjaga diri, iya tetap kukuh mengambil foto itu. Namun, foto berjudul Tempat Bermainkulah  yang menjadi juara 1. Tidak puas sampai disini, Kania masih sibuk mengikuti lomba photography lainnya, seperti lomba di Universitas Warmadewa, Sabtu (30/01), kemarin. “Nanti aku ada lomba lagi doakan ya” ucap Kania. (Arp)

No comments:

Post a Comment